Back to top

Daftar Standar File Theme WordPress

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk menggambarkan file-file standar yang terdapat dalam sebuah struktur themes WordPress. Themes WordPress sendiri merupakan sebuah folder yang terdiri dari kumpulan file-file php, css, java script, image, dll. Folder inilah yang akan menjadi tampilan website berbasis WordPress, atau dengan kata lain themes WordPress adalah front-end sebuah website.

Pada CMS WordPress, theme terletak dalam folder wp-content/themes/folderthemes. Jika Anda ingin mengaktifkan sebuah theme WordPress, maka ada dua cara, yaitu langsung melakukan instalasi lewat dashboard WordPress bagian appearance, atau Anda bisa melakukan upload folder themes tersebut melalui cPanel dan kemudian baru aktifkan melakui appearance dashboard wordpress Anda.
Saat ini banyak sekali developer themes WordPress dari berbagai belahan dunia. Wajar saja, WordPress merupakan CMS dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia baru kemudian diikuti oleh Joomla dan Drupal. Pasar WordPress themes sedang berkembang pesat saat ini, salah satu marketplace yang banyak dijadikan tempat menjajakan themes WordPress karya developer, bahkan yang berasal dari Indonesia adalah Themeforest Envato. Indonezmerupakan satu dari banyak developer themes WordPress yang berjualan di Themeforest. Tertarik? Berikut file theme WordPress yang harus anda ketahui.

Jika Anda ingin membuat sebuah themes WordPress, Saya akan tuliskan beberapa file penting yang harus ada di dalam theme WordPress buatan Anda nanti. Bersumber langsung dari situs resmi wordpress.org, setidaknya theme WordPress harus memiliki 18 buah file php termasuk css. Sebenarnya agar terdeteksi sebagai theme oleh CMS WordPress, folder theme kita setidaknya harus punya tiga file utama yaitu, index.php (file ini adalah yang terbaca pertama kali oleh sistem WordPress), style.css (file ini adalah yang mengatur tata letak dan desain website Anda, dan sistem WordPress juga akan membaca file ini), danscreenshot.png (file ini adalah file gambar yang akan menjadi gambar theme kita di bagian appearance dashboard). Berikut Saya coba tuliskan file-file berisi script dan kode yang umum terdapat dalam sebuah theme WordPress jika Anda ingin membuatnya (kita berasumsi semua sudah mengenal dashboard WordPress):

style.css (Wajib)
File ini adalah file stylesheet utama yang akan dibaca pertama kali oleh sistem WordPress. Pada file ini juga akan dicantumkan nama theme beserta nama pembuatnya. Selain itu Anda bisa menambahkan keterangan lain tentang theme Anda melalui file ini. Silahkan buat file dengan nama style.css (isinya adalah script stylesheet) dan file ini akan mengatur semua desain dan tampilan website anda

index.php (Wajib)
File ini adalah file yang wajib ada dalam struktur theme WordPress. File inilah yang akan dibaca pertama kali oleh sistem WordPress pada theme Anda. Silahkan buat file dengan nama index.php dan file ini akan mengatur konten pada halaman home website Anda.

comments.php
File ini akan mengatur tampilan form dan fungsi-fungsi komen pada postingan Anda baik di posts atau pages.

front-page.php
Sistem WordPress dari waktu ke waktu berkembang sangat baik dan semakin membuatnya fleksibel untuk berbagai macam website atau dikenal dengan sebutan multi purpose theme, dari dulu hanya sekedar blog. File ini merupakan salah satu file yang mendefinisikan halaman home Anda sama seperti index.php. File ini akan menjadi opsi template di bagian pages.

home.php
File ini juga mendefinisikan halaman home website Anda sama seperti front-page. Jika Anda menggunakan static page (silahkan cari cara menggunakan static page), Anda bisa merubah halaman Anda ke bentuk template yang disesuaikan oleh file front-page.php dan home.php ini melalui opsi template di postingan pages.

single.php
File ini mengatur tampilan dan konten pada postingan Anda.
page.php
File ini mengatur tampilan dan konten pada page yang Anda buat.
category.php
File ini mengatur tampilan dan konten kategori yang Anda buat
tag.php
File ini mengatur tampilan dan konten tag yang Anda buat
search.php
File ini bisa mengatur fungsi pencarian dari website Anda
404.php
File ini akan berisi konten yang akan ditampilkan apabila alamat page/ post pada website Anda tidak ditemukan atau biasa dikenal dengan sebutan error 404 page not found.

File lainnya adalah attachment.php, image.php, author.php, date.php, archive.php, dan masih banyak sebenarnya file lain yang bisa Anda custom sesuai selera. Jika Anda ingin membuat theme WordPress, cobalah untuk membuat dua file utama index.php dan style.css terlebih dulu, karena hanya dengan dua file tersebut theme WordPress Anda sudah bisa diaktifkan, untuk kontennya akan Saya coba tulisankan pada postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Tweet on Twitter

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.