Back to top

Apakah Niche Market Menjadi Faktor Kesuksesan?


Niche Market adalah pemilihan segmen pasar yang khusus menyediakan item sejenis.

"A niche market is the subset of the market on which a specific product is focused. The market niche defines as the product features aimed at satisfying specific market needs, as well as the price range, production quality and the demographics that is intended to impact. It is also a small market segment."

Pengertian niche market menurut Wikipedia adalah produk atau jasa yang khusus ditujukan untuk memuaskan kebutuhan pasar secara spesifik. Maksud dari niche market ini adalah untuk mendapatkan kepuasan dari pelanggan dan dapat menguasai harga pasar, kualitas maupun demografinya. Pendekatan ini dimaksudkan untuk memperkecil persaingan di pasar. Hanya sedikit pengusaha yang tergabung dalam niche market sebab mereka lebih spesifik dalam memasarkan sesuatu. Hal itu yang menyebabkan daya saing tidak terlalu tinggi. 

Namun jika anda dapat memainkan peran dengan baik, maka akan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Misalnya industri garment yang hanya fokus dengan produk pakaian jadi, misalnya produk mayoritas yang dihasilkan adalah pakaian anak-anak yang menjadi niche market. Ada juga industri garment yang fokus pada produk baju muslim itu adalah niche market.

Sebagai pelaku bisnis tentu menginginkan kesuksesan. Tidak kecuali bagi yang ingin bisnis secara online. Anda tentu berkeinginan setiap pengunjung internet akan membelanjakan uangnya setelah mereka  memasuki web atau blog yang anda buat. Tetapi membuat website dan blog yang menarik untuk setiap pengunjung internet bukanlah pekerjaan yang mudah, karena anda tidak mengetahui apa yang menjadi  keinginan  setiap pengunjung terhadap produk yang akan dibeli.

Ini salah satu kegunaan niche market, anda tinggal memilih satu produk, misalnya baju muslim, anda tinggal berfokus untuk memasarkannya. Anda harus mengetahui siapa saja yang berniat membeli produk yang akan anda pasarkan, misal anda ingin memasarkan baju muslim, jadi orang yang berniat membelinya adalah orang yang menggunakan baju muslim sebagai pakaian sehari hari dan tentu saja beragama muslim.

Apabila anda menjual produk komputer misalnya, karena sekarang minat terhadap komputer semakin meningkat. Namun bila anda ingin memasarkan produk pertanian, anda akan kesulitan dalam memasarkannya karena permintaan mengenai produk tersebut sangat jarang sehingga anda akan sedikit mendapatkan keuntungan. Didalam niche market anda harus tahu segala sesuatu tentang produk yang akan dipasarkan, misalnya dengan cara melakukan riset.
Anda harus tahu persis apa yang akan anda lakukan untuk sebuah produk sudah sesuai dengan yang anda dapatkan (keuntungan).

Lebih baik jika anda pernah menggunakan dan sekaligus mencoba produk yang akan anda pasarkan. Karena ini akan membantu anda tahu apa yang menjadi kelebihan sekaligus kelemahan dari produk tersebut, jika anda mengetahui banyak tentang produk ini. Selain dapat menuliskan kelebihan dan kelemahan dari produk anda juga dapat menuliskan pendapat anda sendiri tentang  produk itu. Apabila anda tertarik ingin menggeluti bisnis di dalam niche market cuma karena ingin mendapatkan komisi saja, namun anda tidak terlalu mengenal produk yang akan anda pasarkan, jangan anda berpikir untuk menjual produk itu.
Salah satu keuntungan memilih niche market, anda akan lebih fokus hanya kepada satu item produk saja.

Jika anda bergabung dengan niche market yang tertarget yang  pasarnya lebih homogen sehingga anda mudah melayani pembeli. Terkadang hanya dengan menyediakan pakaian dan perlengkapan bayi saja, bisnis anda dapat bertahan lama karena anda lebih fokus dalam mengelola bisnis. Jika anda sudah mempunyai pasar yang jelas di niche market barulah anda boleh beralih ke pasar yang lebih luas. Usahakan jangan jauh dari hal yang ada disekitar anda untuk mengembangkan niche market, karena mungkin saja anda dapat sukses dengan hal itu.
Share on Facebook
Tweet on Twitter

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.