Back to top

Peranan SEO dalam Pemasaran Online untuk Meningkatkan Profit Perusahaan


Ujung dari sebuah bisnis adalah profit. Profit bisa diraih jika omzet kita bagus. Ujung dari omzet bagus adalah target penjualan yang tercapai.

Target penjualan tercapai manakala didukung sistem pemasaran yang bagus. Banyak cara dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaan mereka. Segala metode harus dicoba baik dengan melakukan pemasaran offline maupun melalui internet marketing.

Ada dua metode penting dalam pemasaran online yaitu meningkatkan trafik kunjungan ke website kita melalui teknik SEO dan email marketing.

Manfaat SEO Dalam Pemasaran Online Sebuah Bisnis
Bisnis online tidak terlepas dari peranan SEO untuk meningkatkan trafik kunjungan pelanggan ke website kita. Saat banyak user internet mencari informasi yang berhubungan niche Anda melalui Google dan menemukan informasi bermanfaat di website Anda, maka bisa dipastikan website anda sudah teroptimasi dengan baik. Jika kunjungan ke web anda bagus  kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang memberikan informasi berharga tersebut, yaitu website Anda.

Finally, makin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal. Cara membuat terkenal inilah yang dinamakan SEO (Seacrh Engine Optimization).

Website dengan SEO  yang baik, Mudah Mendatangkan Trafik
Jika website dengan SEO  yang baik, maka akan mudah  mendatangkan trafik, sehingga potensi bisnis anda akan naik omzetnya . SEO membantu anda untuk  mendapatkan peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya  Google. Jika anda rajin optimai website, maka akan makin baik posisi halaman website Anda di Google.

Hal ini membuat peluang untuk mendapatkan pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Makin banyak kunjungan visitor  potensial, potensi membeli produk makin tinggi.  inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.

Website dengan SEO  yang baik dapat Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Banyak cara untuk membuat Brand Awareness bagi bisnis anda. Website dengan SEO  yang baik akan meningkatkan potensi calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat merek produk anda. Makin terkenal produk anda, kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Meningkatk brand awarness dengan optimasi website di mesin pencari (SEO) adalah cara yang cerdas.

Website dengan SEO  yang baik bisa Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Makin hari, makin banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan. Iklan di media massa di era teknologi digital dirasa sudah bukan jamannya lagi.  Iklan melalui media online biasanya mengincar target untuk mendapatkan data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka.


Dengan mendapatkan data kontak tersebut, anda akan lebih mudah untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru. Bisa juga database potensial tersebut digunakan untuk memberikan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Ujung-ujungnya, Anda tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.

Tahapan Optimasi Bisnis Online dengan Teknik SEO
SEO sebenarnya bukanlah cara instan menarik pengunjung ke sebuah website. Bisa saja Anda akan muak atau takut mengerjakan kampanye SEO untuk website Anda karena terlihat rumit. Sebenarnya di dalam strategi SEO, ada dua hal mendasar  yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page.

Teknik Optimasi Pemasaran Online dengan SEO On Page
SEO On Page merupakan bagian dari strategi  yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Upaya optimasi ini dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly. Tahapan yang dialkuakn adalah sebagai berikut:

- Riset keywords untuk mendapatkan kata kunci yang berpotensi populer di kalangan user
- Desain website yang menarik, dan load-nya cepat
- Setting Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
- Menyisipkan description yang relevan dengan website
- Rutin posting konten yang bermanfaat bagi audiens
- Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
- Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4) dan 
- Mengatur navigasi website sebaik mungkin
- Tidak lupa membangun internal links dan menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image

Teknik Optimasi Pemasaran Online dengan SEO Off  Page
Selain optimasi website dari dalam, ada juga teknik SEO Off Page yang merupakan upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Website dengan  SEO On Page nya sudah bagus tetap saja perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Metode Optimasi off page ini dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi.

Metode Pemasaran Online dengan SEO Off Page ini meliputi tahapan sebagai berikut:
- Membuat links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
- Membuat links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
- Membuat links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
- Membuat links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
- Membuat links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
- Membuat links dari website yang menerima guest blogger

Pentingnya SEO dalam Pemasaran Online
Jika melihat uraian diatas, anda tentu paham mengapa saat ini ada begitu banyak pebisnis yang kemudian berusaha sangat keras agar bisnisnya bisa mampu bertengger di halaman pertama mesin pencari. Mereka banyak yang memanfaatkan SEO hingga beriklan secara online. Meski harganya cukup mahal, namun melihat tingkat konversi yang besar, mereka tak ragu untuk beriklan di media online besar. Jika anda ingin hemat, teknik SEO bisa anda lakukan.

Optimasi website di mesin pencari bukanlah cara yang INSTAN. Anda butuh kesabaran untuk mendapatkan hasilnya. Proses yang harus kita lakukan secara berkala karena search engine (terutama Google) selalu memperbaharui hasil pencarian mereka.

Algoritma yang sering berubah ini harus anda ikuti alurnya sehingga strategi ini bisa menampilkan website yang paling relevan dan teroptimasi dengan baik. Peranan SEO dalam Pemasaran Online untuk Meningkatkan Profit Perusahaan.


Revised & Edited by Himawan Junianto.



Share on Facebook
Tweet on Twitter

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.