Back to top

Istilah-istilah dalam Digital Marketing



 >> SEO (Search Engine Optimization)

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari adalah sebuah suatu strategi atau serangkaian teknik yang sistematis untuk menempatkan website atau blog berada di halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan.


>> SEM

SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. Sama seperti SEO, SEM juga memiliki tujuan untuk mendapatkan tampilan website atau blog pada halaman utama Search Engine Result Page. ... SEM merupakan trik pemasaran internet yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya.


>> SMM (Search Engine Marketing)

SMM merupakan salah satu bentuk digital marketing yang memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasarannya. SMM bertujuan untuk menghasilkan konten dimana penggunanya akan berbagi melalui jejaring sosialnya untuk membantu meningkatkan dan memerluas jangkauan pelanggan.


>> SMO

SMO atau Social Media Optimization adalah teknik mengoptimasi website dengan dengan perantara media sosial. Untuk Anda yang tak ingin ribet, maka menerapkan strategi SMO berbayar seperti Facebook Ads dan Twitter Ads bisa jadi solusi.


>> ROAS (Return On Ad Spend)

ROAS adalah metric yang mengukur efektivitas dari sebuah campaign dalam digital marketing. Dengan menghitung ROAS anda bisa mengevaluasi apakah campaign yang anda sudah anda jalankan itu menguntungkan atau tidak.


Rumus ROAS = (Revenue / Ad Spend)


Misalnya anda menghabiskan biaya iklan sebanyak Rp 3 juta dalam 1 bulan. Lalu dari campaign tersebut anda bisa menghasilkan Rp 6 juta. Sehingga ROASnya adalah Rp 6 juta dibagi dengan Rp 3 juta = Rp 2 atau 2:1 atau 200%.


Dengan kata lain, setiap Anda menghabiskan biaya iklan sebesar Rp 1.000.000,-  

akan mendapatkan uang Rp 2.000.000,-


>> CPAS

CPAS adalah singkatan dari Collaborative Performance Advertising Solution. Ini adalah platform baru yang dibuat oleh Facebook bekerja sama dengan situs web e-commerce. Tools ini memungkinkan merek untuk mendorong pembeli untuk membeli produk mereka secara online melalui iklan dinamis Facebook. Selain itu, untuk merk, akhirnya menjadi mungkin untuk mengukur tingkat konversi iklan digital pada platform e-commerce, yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Selain itu, mereka juga akan dapat menyederhanakan dan merampingkan seluruh proses. 


Mengapa CPAS adalah tool yang sangat dibutuhkan?

CPAS sangat berguna untuk:

Merek: Untuk berkolaborasi dengan merek lain dan mendapatkan visibilitas yang lebih baik tentang rasio konversi kampanye. Perencana Anggaran / Media: Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana iklan memengaruhi penjualan dan mengalokasikan anggaran dengan cara yang strategis.


>> CPM

CPM adalah singkatan dari “cost per-1000 impression” atau “cost per mille”, pengiklan yang menjalankan iklan CPM menetapkan harga yang diinginkan per-1000 iklan yang ditayangkan dan membayar setiap kali iklan mereka muncul. Mille sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seribu tayangan dalam bisnis iklan.


Dengan banyaknya orang yang begitu aktif berbelanja secara online, sangat penting untuk mengukur apakah mereka mencapai target audiens dan mendapatkan impact yang diinginkan. Di sinilah Cost Per Thousand / Mille (CPM) masuk. Ini memberi tahu Anda seberapa efisien iklan Anda menjangkau audiens Anda dan apakah anggaran pemasaran Anda digunakan secara optimal.


Jadi, sebenarnya apa itu cpm? Dalam pemasaran, Cost Per Mille atau CPM mengacu pada uang yang diinvestasikan pengiklan untuk seribu tampilan iklan. Ini biasanya berlaku untuk iklan bergambar.


Catatan: Mille adalah kata Latin untuk “thousand.” Karenanya, Cost Per Thousand Impression juga disingkat sebagai CPM.


CPM adalah metodologi umum untuk biaya iklan bergambar yang digunakan oleh penerbit dan pengiklan. Misalnya, situs web yang meng-host iklan bergambar pada inventarisinya mungkin ingin menagih jumlah tertentu untuk seribu tayangan. Setelah batas ini tercapai, pengiklan atau pemasar akan dikenakan biaya CPM yang telah ditentukan.


>> CTR

Click Through Rate (CTR) adalah rasio jumlah klik terhadap jumlah impression. Biasanya klik bersumber dari hasil pencarian organik. Sedangkan impression adalah jumlah munculnya halaman website Anda di hasil pencarian Google.


>> CPR

CPR (conversion per-rate), artinya dari sekian banyak orang yang mengunjungi, berapa banyak orang yang akhirnya melalukan transaksi. Jadi semakin besar CPR, semakin akurat data yang kita miliki. ROAS (return on ad spend), berarti berapa banyak konversi yang kita terima dibandingkan dengan cost yang kita keluarkan.


>> CPC

CPC (Cost Per Click) juga dikenal dengan sebutan PPC atau pay per click. CPC biasa digunakan untuk mengetahui jumlah biaya dari setiap user yang melihat iklan pada mesin pencarian, Google Display Network untuk AdWords, platform media sosial dan publisher lain. Cara menghitung CPC adalah dengan cara membagi biaya kampanye paid ads dengan jumlah klik. 

Cost per click = biaya iklan / jumlah klik


Terdapat dua model utama di dalam iklan CPC yakni, biaya tetap per klik (fixed priced per click) dan biaya per klik berdasarkan penawaran (price per click based on bidding).


>> Page Post Engagement (PPE)

Sesuai namanya, PPE Ad digunakan untuk meningkatkan engagement di page post Anda. Jika anda memilih PPE sebagai campaign objective, maka Anda meminta Facebook untuk mencari audience yang cenderung melakukan engagement. Engagement itu bisa berupa shares, likes dan comments di post Facebook.


>> Jasa Likes Fanpage Facebook

Layanan untuk meningkatkan jumlah Likes pada halaman Fanpage Facebook anda dari akun Worldwide (Seluruh Dunia), secara instant, murah dan berkualitas. Layanan ini dapat menjadi solusi dibanding anda mencari Jual / Beli Fanpage (Halaman) Facebook orang lain.


>> SSL Extended Validation (Green Bar)

Dalam dunia SSL/TLS sertifikat SSL EV merupakan kualitas terbaik dan terpercaya dalam menjamin keamanan website Anda. Memberikan level tertinggi dari enkripsi , keamanan, dan rasa percaya terhadap identitas oleh pengunjung dan pelanggan Anda maka proses validasi dari sertifikat ini tentu sangat dibutuhkan persyaratan yang lengkap mengenai data perusahaan/organisasi Anda. Proses validasi dari sertifikat SSL jenis EV ini dapat mencapai kurang lebih 7-14 hari atau bisa lebih cepat tergantung dari kecepatan tanggapan pelanggan dalam memberikan kelengkapan persyaratan validasi.


>> IMPRESSION

Impression, di sisi lain, mengacu pada akumulasi jumlah berapa kali ads atau konten Anda tampil di layar penguna. Akumulasi jumlah ini bisa berasal dari post yang di-share, kinerja SEO dari orang yang memang tertarik, atau bahkan jumlah klik. Singkat kata, impression adalah pertanda baik bahwa ads Anda berhasil mencapai hati target.


>> REACH

Reach alias jangkauan adalah jumlah orang yang sudah melihat ads Anda. Metrik yang tampak di analytics sosial media seperti Instagram atau Facebook dapat mengkonfirmasi ini. Jika analytics berkata iklan atau konten Anda telah dilihat 100 orang, misalnya, itulah capaian reach Anda.


>> People REACH

REACH adalah jumlah total orang yang melihat konten Anda. Dengan kata lain, reach merupakan sejumlah orang unik yang melihat konten Anda. Jika 100 orang total telah melihat iklan atau konten Anda, itu berarti reach atau jangkauan iklan Anda adalah 100.


“People Reached” on Facebook refers to how many people saw either a specific post or any content posted by your page. “Post Reach” is the number of users who saw your specific Facebook post. “Page Reach” is the number of users who saw any content posted by your page.


>> NICHE

Sederhananya niche merupakan topik atau pokok pembahasan utama dari suatu website. Secara teknis, niche adalah suatu kata yang dikhususkan bagi sesuatu yang penting untuk mencapai target marketing. Sedangkan menurut wikipedia, niche adalah bagian dari sektor pasar yang sudah difokuskan dan ditargetkan. Contoh: Sepakbola, Teknologi, Kesehatan, Traveling, Otomotif


Share on Facebook
Tweet on Twitter

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.