Apa itu SEO, SEM, SMM dan SMO ?
Search Engine Optimization (SEO)
Adalah proses
meningkatkan visibilitas sebuah website atau halaman web di search engine
melalui cara natural (alami) atau tidak berbayar (“organik”atau ”algorithmic”) hasil
pencarian.
Apa itu terlalu
rumit? SEO Friendly Web atau Website yang ter-optimasi secara Search Engine
Marketing (SEM) dengan bahasa mudah dan awamnya yaitu sebuah situs web atau
website yang jika dicari dengan keyword tertentu pada search engine (misal
Google, Yahoo!, Bing, Ask.com, dll) berada di setidaknya halaman 1 atau 2 dalam
arti web tersebut punya ranking yang bagus sekali menurut penilaian mesin
pencari
Efek dari sebuah
Website yang SEO Friendly yaitu Website tersebut akan sering dikunjungi orang
(menaikkan traffic, high counter
visitor). Yang secara otomatis akan meningkatkan
Company Image atau Brand Image bahkan Profit
ataupun Penjualan bersangkutan layaknya iklan Billboard yang sering
dilihat orang di tempat-tempat strategis atau iklan TV pada jam-jam Prime Time.
Contoh Fungsi SEO :
Wita Tour, one of
the best Tour and Travel in Indonesia,
- Bukalah Search
Engine (Google, Yahoo!, Bing, atau yang lain), lalu ketikkan “tour” atau “tour and travel” maka website
Wita Tour yaitu “www.witatour.com” akan menjadi peringkat pertama, artinya
orang yang mencari tour ataupun travel akan diarahkan ke website Wita Tour,
bukan web yang lain. Dari sisi kompetisi pasar tentu saja hal itu sangatlah
menguntungkan.
Search Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran Internet yang bertujuan untuk mempromosikan website di
halaman hasil mesin pencari (SERPs) berbayar melalui
penempatan dibayar, iklan kontekstual, dan inklusi berbayar.
Sementara Search engine optimasi (SEO) mengoptimalkan isi website untuk
mencapai peringkat tertinggi (TOP 10 Ranking) dalam hasil pencarian, misalnya,
dengan memasukkan kata kunci tertentu atau link yang terkait dengan situs web.
Singkatnya, SEM adalah melakukan iklan di kata kunci tertentu pada search
engine seperti Google AdWords, Facebook Ads ataupun Yahoo Search Marketing.
Pembayaran SEM
biasanya dilakukan dengan cara pay per
click (PPC) ataupun pay per impression.
Pay Per Click adalah sebuah
perhitungan pembayaran iklan berdasarkan banyak click yang dilakukan oleh
pencari di mesin pencari. Sedangkan Pay
Per Impression, adalah cara perhitungan berdasarkan berapa kali penayangan iklan tersebut.
Social Media Marketing (SMM)
Selain SEO dan SEM
ada juga yang dinamakan Social Media Marketing atau SMM. SMM adalah jenis
pemasaran yang melibatkan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Google Plus, Instagram dsb.
Social Media Optimization (SMO)
SMO meningkatkan
visibilitas profit social media anda, aktivitas jejaring
social anda dan konten anda yang dipublikasikan sehingga mudah
ditemukan oleh orang yang mencari informasi yang berhubungan dengan konten
anda. SMO membantu mengarahkan lalu lintas ke Website resmi, membuat lebih
mudah bagi orang lain untuk berbagi dengan lingkaran teman mereka, membangun
komunitas disekitar brand anda dan membantu search engine mengindeks profil
social media anda, aktivitas social dan posting akan menjadi lebih mudah.
0 comments:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.