Tata cara menggunakan email yang baik dan benar. Pada zaman
era telekomunikasi saat ini penggunaan email sangat memainkan peran penting. Apalagi
bagi mereka yang bekerja diperusahaan besar ataupun yang sering berhadapan
dengan dunia internet.
Fungsi utama email adalah mengirimkan pesan berupa surat
atau biasa disebut juga dengan surat elektronik. Dan ini sangat fleksibel
karena kita dapat berkomunikasi dan mengirimkan data secara pribadi kepada
seseorang. Namun tidak hanya itu sebenarnya fungsi email sangat beragam.
Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Panduan lengkap membuat email di gmail dan kali ini saya hanya akan share
sedikit pengalaman saya ketika bekerja disuatu perusahan dan menggunakan email
sebagai alat komunikasi, laporan project kegiatan dan laporan-laporan lainnya.
Tata Cara Penulisan
Email
Ketika kita akan mengirimkan seseorang email yang pertama
harus kita ketahui adalah alamat email penerima. Contoh alamat email seperti xxx@gmail.com, xxx@yahoo.com
dan jika dalam bentuk email perusahaan (email corporate) berbentuk xxx@namaperusahaan.com
Perhatikan gambar dibawah ini :
Pada contoh gambar diatas pada baris To diisi dengan alamat
email penerima atau alamat email orang yang akan dikirimkan pesan. Baris CC
diisi dengan alamat email orang yang akan menerima salinan pesan yang intinya
bukan penerima utama emai. Sedangkan BCC fungsinya sama yaitu diisi dengan alamat
email yang akan menerima salinan, namun pada penerima yang di tempatkan di BCC
tidak akan mengetahui kepada siapa saja salinan email ini dikirim, dia hanya
mengetahui tujuan email ini yaitu yang pada baris TO.
Selanjutnya subject merupakan judul email diisi berdasarkan
tujuan pengiriman email.
Lanjut ke isi email, disinilah yang perlu diperhatikan cara
penulisannya. Dalam penulisan kita harus menyapa orang yang dituju, dengan
sapaan Dear Pak Budi atau bisa juga dengan Selamat Siang dll. Selanjutnya baru
diisi dengan deskripsi email tersebut. jika ada file yang disertakan untuk
dikirim sebaiknya diikuti kata Terlampir atau Saya lampirkan. Dan pada bagian
akhir dapat kita tulis dengan sapaan terima kasih atau salam. Ada juga biasa
yang menuliskan dengan kata regards (atau dalam bahasa indonesianya “salam”). Dan
dibawahnya tulis dengan nama lengkap anda. jika perlu dibawah nama diisi dengan
jabatan, alamat, kantor dan nomor telepon. Sebagi contoh
Regards,
Kamaruddin,
Pengacara (Pengangguran Banyak Acara)
No Telp. 0821xxxx
Itulah tata cara penulisan email, setidaknya
walaupun kita gunakan email secara pribadi tetapi kita harus tahu tata cara
penulisannya. Semoga bermanfaat.
Sumber: freezone88.com
0 comments:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.